Kamis, 11 Februari 2010

PENTINGNYA EDUKASI PERAWATAN PAYUDARA MASA NIFAS

Pasca melahirkan (masa nifas) merupakan masa atau keadaan selama enam minggu atau 40 hari. Pada masa ini, ibu mengalami perubahan fisik dan alat-alat reproduksi yang kembali ke keadaan sebelum hamil, masa laktasi (menyusui), maupun perubahan psikologis menghadapi keluarga baru. Pada masa nifas perawatan payudara merupakan suatu tindakan yang sangat penting untuk merawat payudara terutama untuk memperlancarkan pengeluaran ASI.
 Perawatan payudara sangat penting dilakukan selama hamil sampai masa menyusui. Hal ini karena payudara merupakan satu-satunya penghasil ASI yang merupakan makanan pokok bayi yang baru lahir sehingga harus dilakukan sedini mungkin. Dimana tujuan perawatan payudara setelah melahirkan, salah satunya untuk meningkatkan produksi ASI dengan merangsang kelenjar-kelenjar air susu melalui pemijatan.
 Pada negara berkembang, khususnya di daerah yang penduduknya berpendidikan rendah, pengetahuan rendah dan tingkat ekonomi rendah, pengetahuan ibu mengenai perawatan payudara masih kurang. Umumnya pengetahuan tentang perawatan payudara diperoleh dari keluarga ataupun teman. Untuk menghindari kebiasaan yang salah, diperlukan bantuan dari petugas kesehatan yang dapat memberikan pendidikan kesehatan yang benar tentang perawatan payudara (Saryono dan Pramitasari, 2008).
 Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan dibidang kesehatan (Notoatmodjo, 2003). Konsep dasar pendidikan kesehatan pada perawatan payudara masa nifas merupakan suatu proses belajar yang berarti di dalam pendidikan kesehatan perawatan payudara itu terjadi proses pertumbuhan, perkembangan, atau perubahan ke arah yang lebih dewasa, lebih baik, dan lebih matang pada ibu nifas dalam perawatan payudara. Seseorang dapat dikatakan belajar apabila di dalam dirinya terjadi perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak dapat mengerjakan menjadi dapat mengerjakan sesuatu.
 Ketidaktahuan ibu nifas tentang perawatan payudara yang benar bisa menyebabkan kurangnya produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu. Untuk itu perlu diberikan pendidikan kesehatan yang benar tentang perawatan payudara kepada ibu yang habis melahirkan atau pada saat nifas, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu menyusui pada masa nifas tentang perawatan payudara yang benar. 

Tidak ada komentar: