Senin, 14 Februari 2011

Pengaruh TAK Stimulasi Sensori Terhadap Kemampuan Komunikasi

ABSTRAK

Wirnata, M. 2011. Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Sensori Terhadap Kemampuan Komunikasi Klien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali. Tugas Akhir, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

Latar Belakang
Skizofrenia adalah suatu penyakit yang mempengaruhi otak dan menyebabkan timbulnya pikiran, persepsi, emosi, gerakan, perilaku yang aneh dan terganggu. Salah satu terapi kelompok yang dapat dilakukan oleh perawat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada klien menarik diri dengan skizofrenia adalah terapi aktivitas kelompok (TAK) stimulasi sensori. TAK stimulasi sensori terdiri dari 3 sesi, yaitu mendengar musik, menggambar dan menonton televisi.

Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TAK stimulasi sensori terhadap kemampuan komunikasi klien skizofrenia.

Metode Penelitian
Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan pendekanan pre test and post test group design. Sampel terdiri dari 20 orang yang dibagi menjadi 2, yaitu kelompok perlakuan 10 orang dan kontrol 10 orang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara.

Hasil Penelitian
Hasil penelitian didapatkan ada perbedaan kemampuan komunikasi klien skizofrenia sebelum dengan sesudah TAK stimulasi sensori pada kelompok perlakuan (p=0,000) dan tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi klien skizofrenia pre test dengan post test pada kelompok kontrol (p=0,111), serta ada perbedaan kemampuan komunikasi klien skizofrenia post test pada kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol (p=0,012).

Kesimpulan
Ada perbedaan kemampuan komunikasi klien skizofrenia sebelum dengan sesudah TAK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada RSJ Provinsi Bali agar rutin memberikan asuhan keperawat berupa TAK stimulasi sensori dan memberikan pelatihan TAK secara berkesinambungan.

Kata Kunci: Skizofrenia, TAK Stimulasi Sensori, Komunikasi.

Tidak ada komentar: