Jumat, 27 Agustus 2010

Pengaruh pijat bayi

PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP PENAMBAHAN BERAT BADAN BAYI LAHIR NORMAL DI RUANG PERINATOLOGI 
RSUD KARANGASEM-BALI TAHUN 2010

Pijat bayi merupakan usaha yang positif untuk memperoleh kondisi optimal pada masa bayi tersebut karena merangsang semua kerja sistem sensorik dan motorik. Manfaat dari pijat bayi adalah dapat meningkat berat badan, meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, membuat bayi tidur lebih lelap, membina ikatan kasih sayang antara ibu dan anak, dan meningkatkan produksi ASI. 
Data dari catatan medik di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem, dalam 3 bulan terakhir yaitu pada bulan Oktober 2009 sebanyak 95 orang, bulan Nopember sebanyak 66 orang dan pada bulan Desember 2009 sebanyak 61 orang, dengan rata-rata berat badan bayi lahir normal 2.900 gram dan rata-rata berat badan bayi saat pulang adalah 2.950 gram. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tehnik pemijatan bayi terhadap penambahan berat badan bayi lahir normal. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian experiment semu, dengan model pendekatan subyek the non randomized control group pre test post test design, dimana kelompok eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Pada kedua kelompok diawali dengan pre-test, dan setelah pemberian perlakuan selesai diadakan pengukuran kembali (post-test), baik pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan.  
Berdasarkan hasil uji statistik (uji t test) pada kelompok perlakuan, didapatkan didapatkan nilai signifikasi yaitu 0,000 (nilai p < 0,05), dengan rata-rata selisih perbedaan 1.720. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan juga nilai signifikasi yaitu 0,000 (nilai p < 0,05), dengan rata-rata selisih perbedaan 1.217. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tehnik pemijatan bayi terhadap penambahan berat badan bayi normal.
Mengingat demikian besar manfaat dari pemijatan bayi baru lahir dengan berat badan lahir normal, maka penulis menyarankan kepada teman sejawat, agar lebih mengintensifkan tindakan pemijatan bayi untuk membantu meningkatkan penambahan berat badan bayi normal. Dan bagi peneliti lain yang inggin melanjutkan penelitian ini diharapkan agar mengembangkan penelitian ini lebih luas, seperti melakukan penelitian dengan waktu yang lebih lama.

Tidak ada komentar: